FOTO-FOTO GERHANA VENUS 2010


Pada tanggal 16 Mei 2010 kemarin terjadi sebuah peristiwa langka yang disebut dengan Gerhana Venus. Peristiwa ini terjadi sekali dalam puluhan tahun dimana planet Venus melintasi belakang bulan.
Menurut para astronom peristiwa ini namanya adalah okultasi. Dikutip dari blog pakarfisika, okultasi adalah suatu peristiwa yang terjadi ketika satu benda tersembunyi oleh benda lain yang lewat di antara pengamat. Okultasi Venus, adalah saat dimana planet Venus akan tertutup oleh Bulan. Fenomena ini akan terjadi pada Ahad, 16 Mei 2010 ini menjelang dan setelah Matahari
terbenam di ufuk Barat.
Bagi yang tidak sempat melihat ini dia foto2nya:

Foto diatas saat planet Venus berada di atas bulan. Foto ini diambil dari Quezon City, Manila, Filipina. (AP Photo/Aaron Favila)

Venus melewati belakang bulan dan muncul kembali di sebelah bawah kiri. (Foto dari EPA – Daily Mail)

Semakin menjauh kebawah. (Foto dari EPA – Daily Mail)

Planet Venus terlihat dekat bulan sesaat setelah fenomena gerhana Venus tejadi di Banda Aceh, Minggu (16/5/2010). SERAMBI INDONESIA/M ANSHAR (Kompas Image)
Itu dia beberapa fotonya. Peristiwa alam ini dapat dilihat kembali di Indonesia tahun 2052. Pada tanggal 5 Juni 2012 akan terjadi peristiwa sebaliknya yaitu Venus melintas di depan matahari atau bahasa astronominya disebut transit.




SUMBER : DARMAWANKU.COM

0 komentar:

Posting Komentar

"Setitik komentar anda sangat barharga bagi kami dan kelangsungan blog ini"

Visitor

 
SELAMAT DATANG SOBAT SAYA BERHARAP ANDA SENANG DAN TERHIBUR DENGAN ADANYA BLOG INI